Pecinta Kopi, Tapi Takut Asam Lambung Kumat? Begini Cara Menyiasatinya

Sebagian orang menggemari kopi. Namun, tidak sedikit yang mengeluhkan asam lambung setelah mengonsumsi kopi. Sehingga walau pun suka, tapi karena rasa sakit, mereka pun menghindari konsumsi kopi.

Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, jangan langsung khawatir. Kenali dulu diri sendiri, tipe yang mana saat mengonsumsi kopi. Karena, menurut dr Santi, ada yang bisa mengonsumsi kopi dalam takaran yang banyak.

Atau tipe yang minum kopi sedikit langsung sakit. "Tergantung minum kopi dalam keadaan apa. Kalau sensitif, dipantang. Kalau sedikit kopi bisa tolerir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip Senin (25/10/2021). Di antaranya seperti jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu jangan konsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung. "Udah minum kopi, makannya pedes luar biasa, asam luar biasa, minyak ditambah," katanya lagi. Lebih baik ketahui sejauh mana batas toleransi saat mengonsumsi kopi.

Selain itu, bagi yang memang punya pantang dengan kopi karena tidak bisa mengonsumsi kafein, harus mengetahui fakta ini. "Perlu berhati hati. Kafein tidak hanya dikopi. Tapi paling banyak dalam kandungan kopi," katanya lagi. Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein selain kopi di antaranya seperti teh, susu cokelat, cokelat panas hingga soft drink.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.