Investasi Cerdas Aston Villa Jadikan Tim Besar Liga Inggris Kalahkan Manchester United

Aston Villa secara perkasa berhasil mempermalukan Manchester United dalam pekan keenam Liga Inggris, pada Sabtu, (25/9/2021) malam. Dalam pertandingan yang digelar di old trafford tersebut, Aston Villa sukses meraih kemenangan dengan skor 0 1. Satu satunya gol di laga itu dicetak oleh Kortney Hause lewat sundulan kepala di menit 88.

Kemanangan tersebut membawa The Villans berada di posisi delapan klasemen sementara Liga Inggris, hanya berjarak 4 poin dari sang pemuncak klasemen, Liverpool. Catatan positif yang berhasil ditorehkan oleh Aston Villa sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan. Kegiatan transfer dari klub yang dilatih oleh Dean Smith tersebut cukup aktif selama bursa jual beli pemain, baik di musim lalu maupun musim ini.

Di musim lalu (2020/2021) Aston Villa total membelanjakan 101,35 juta euro untuk membeli Emiliano Martinez, Ollie Watkins, Bertrand Traore, Matty Cash, dan Morgan Sanson. Nama yang disebutkan pertama layak dinobatkan sebagai pembelian terbaik untuk tim yang bermarkas di Stadion Villa Park tersebut. Kiper berusia 29 itu tampil perkasa dalam 38 pertandingan Liga Inggris, Martinez sukses membuat 135 saves dengan catatan 15 clean sheets.

Berkat penampilannya tersebut, ia juga berhasil dipanggil oleh Timnas Argentina dan langsung menjuarai Copa Amerika 2021. Itu baru di musim lalu, bagaimana dengan musim ini? Musim ini (2021/2022) The Villans menghabiskan dana 60 juta Euro atau sekitar Rp1,82 triliun untuk memboyong pemain baru.

Salah satu alasan terbesar dibalik aktifnya Aston Villa membeli pemain di musim ini adalah hengkangnya captain mereka, Jack Grealish ke Manchester City. Dilansir Transfermarkt, Grealish dibeli The Citizens dengan banderol 117,5 juta Euro atau sekitar Rp 2 triliun. Dana tersebut menjadikan Grealish sebagai pemain paling mahal di Liga Inggris sepanjang masa.

Dana penjualan tersebut dimanfaatkan The Villans dengan baik untuk membeli beberapa amunisi baru dari berbagai Liga top Eropa. Nama nama tersebut adalah Leon Bailey, Danny Ings, Emiliano Buendia, dan Ashley Young, mereka juga meminjam bek berusia 23 tahun dari Manchester United, Axel Tuanzebe. Leon Bailey dibeli dari tim Bundesliga, Bayern Leverkusen dengan mahar 34 juta euro.

Pemain Timnas Jamaika tersebut, merupakan pemain yang berposisi sebagai winger dan sempat masuk radar belanja Bayern Munchen berkat penampilan menterengnya. Musim lalu, Bailey berhasil mencetak 15 gol dan 11 assist untuk Leverkusen di berbagai ajang. Di hari yang sama dengan Bailey, mereka juga mengumumkan telah berhasil mendatangkan Danny Ings dari Southampton.

Striker berusia 29 tahun itu diboyong dengan harga 35,20 juta euro. Selama 3 musim terakhir bersama Southampton, Ings berhasil mencetak 41 gol di Liga Inggris. Namanya beberapa kali muncul dalam daftar top skor bersama Mohamed salah, Aubameyang, Harry Kane dan Jamie Vardy.

Datangnya Ings jelas mampu mendongkrak lini serang The Vilans menjadi lebih bertaji. Musim ini, pemain asal Inggris tersebut sudah mencetak 2 go, dan 2 assist dari 6 pertandingan bersama Aston Villa. The Villans juga berhasil menambah kedalaman skuadnya dengan memboyonh Ashley Young dari Inter Milan secara gratis.

Bagi Young, ini adalah kali kedua dirinya berseragam Aston Villa setelah periode 2006 2011. Selama periode tersebut, Young adalah pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap, ia rajin mencetak gol dan assist untuk The Villans. Namun sekarang, ia datang sebagai pemain yang berbeda, selama 10 musim terakhir Young lebih sering bermain sebagai wing back kiri atupun kanan.

Musim ini dari Young telah tampil sebanyak 5 kali untuk Aston Villa di seluruh kompetisi. Pengalamannya selama beberapa musim berseragam United dan Inter Milan dapat membantu tim dari sisi pengalaman dan mentalitas. Nama mentereng terakhir yang didatangkan Aston Villa adalah Emiliano Buendia.

The Villans berhasil mendatangkan gelandang berusia 23 tahun itu dari Norwich City. Tawaran Aston Villa sebesar 38,30 juta euro berhasil menikung Arsenal yang dikabarkan sangat menginginkan tanda tangan Buendia. Dengan banderol tersebut menjadikan Buendia sebagai pemain termahal Aston Villa sepanjang sejarah.

Musim lalu, Emiliano Buendia terpilih sebagai pemain terbaik Championship berkat torehan 15 gol dan 17 assist dari 41 pertandingan. Ia juga berhasil membawa Norwich City menjuarai divisi Championship dan promosi kembali ke Liga Inggris. Musim ini, pemain asal Argentina itu telah tampil sebanyak 4 kali bersama Aston Villa dengan sumbangan 1 gol.

Hadirnya Buendia membuat The Villans tak khawatir meski harus kehilangan pemain andalan mereka, Jack Grealish. Buendia mampu dimainkan sebagai pemain sayap dan gelandang serang dengan sama baiknya. Aston Villa digadang gadang akan menjadi tim kuda hitam yang mampu menjadi batu sandungan untuk tim big six di Liga Inggris.

Dengan investasi yang tepat, yaitu membeli pemain sesuai kebutuhan tim dan pelatih, membuat The Villans punya peluang besar untuk tampil lebih baik dibanding musim musim sebelumnya. Kedalaman skuat yang dimiliki tim asuhan Dean Smith itu, membawa mereka menjadi tim yang diperhitungkan musim ini, notaben sebagai tim medioker pun sudah jelas terhapuskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.